Pendidikan
Bidang Karakter SMP Negeri 6 Garut
Pendidikan karakter
tidak saja merupakan tuntutan undang-undang dan peraturan pemerintah, tetapi
menjadi tuntutan setiap agama. Setiap
agama mengajarkan karakter atau ahklak pada pemeluknya. Dalam Islam, ahlak
merupakan salah satu tiga kerangka dasar ajarannya yang memiliki kedudukan yang
sangat penting.
Nabi Muhamammd Saw dalam salah satu sabdanya mengisyratkan bahwa kehadirannya dimuka bumi ini membawa misi pokok untuk menyempurnakan ahlak manusia yang mulia. Ahlak Karramah merupakan sistem prilaku yang diwajibkan dalam agama islam melalui nash Al-Qur’an dan Hadis. Adapun beberapa sifat khusus (Ahklak) yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw adalah (Shidiq berarti jujur), (Amanah berate dapat dipercaya), (Tabligh berati menyampaikan), (Fathanah berarti cerdas dan pandai) demikian sifat atau Tahuladan Nabi Muahammad Saw yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter pada sekolah mulai dari tingkat Dasar,Menengah dan Tingkat Atas.
Nabi Muhamammd Saw dalam salah satu sabdanya mengisyratkan bahwa kehadirannya dimuka bumi ini membawa misi pokok untuk menyempurnakan ahlak manusia yang mulia. Ahlak Karramah merupakan sistem prilaku yang diwajibkan dalam agama islam melalui nash Al-Qur’an dan Hadis. Adapun beberapa sifat khusus (Ahklak) yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw adalah (Shidiq berarti jujur), (Amanah berate dapat dipercaya), (Tabligh berati menyampaikan), (Fathanah berarti cerdas dan pandai) demikian sifat atau Tahuladan Nabi Muahammad Saw yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter pada sekolah mulai dari tingkat Dasar,Menengah dan Tingkat Atas.
Tujuan pendidikan di karakter di SMP, termasuk pengembangan dan
pembianan karakter, dapat dicapai melalui pengembangan dan implementasi
Kurikulum 2013 yang mengacu pada Standar Pendidikan Nasional (SNP). Didalam SNP
telah dijabarkan seacara jelas Standar Kompetensi Lulusan pada materi yang
disampaikan kepada peserta didik dengan menerapkan beberapa karakter, Grand
desaign yang menjadi rujukan koseptual dan operasional pengembangan,
pelaksanaan dari penilaian pada setiap jalur dan jenjang pendidikan adalah
konfigurasi karakter dalam konteks psikologis dan social-kultur dikelompokan
dalam : Olah Hati (spiritual emotional, development), Olah Pikir (Intelectual
diveloment), olah raga dan kinestestik (Physical and kinestestic development),
olah Rasa dan karsa (affective and Creativity development).
Pendidikan karakter di SMP Negeri 6 Garut bertujuan
1.
Untuk
meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidkan disekolah yang mengarah
pada pencapaian pembentukan karakter atau ahklak mulia peserta didik secara
utuh, terpadu, dan seimbang sesuai Standar Kompetensi Lulusan.
2.
Melalui
pendidikan karakter diharapkan peserta didik di SMP N 6 Garut mampu secara
mandiri meningkatkan dan menggunakan penegtahuannya, mengkaji dan
menginternalisasikan serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak
mulia sehingga terwujud dalam prilaku sehari-hari.
3.
Berorientasi
pada tingkatan intitusi dengan mengarah pada pembentukan budaya sekolah yaitu
nilai – nilai yang melandasi prilaku, kebiasaan keseharian,sehingga bisa dipraktikan oleh semua warga sekolah, dan
masyarakat sekitar sekolah.
4.
Menjadi
“ Budaya sekolah” atau ciri khas dari karakter atau watak seluruh
civitas akademik terutama peserta didik yang dikenal oleh masyarakat luas
Sasaran
Pendidikan Karakter SMP Negeri 6 Garut
Sasaran pendidkan karakter adalah
seluruh warga sekolah meliputi :
1.
Peserta
didik (siswa)
2.
Civitas
Akademika (Pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 6 Garut
PELAKSANAAN
PROGRAM
Program Pembinaan Karakter di SMP
Negeri 6 garut adalah sebagai berikut ;
A. Melaksanakan
kegiatan Upacara Bendera
a) Melaksanakan Kegiatan Upacara
Bendera setiap hari senin
b) Melaksanakan kegiatan upacara
hari besar kenegaraan baik di lingkungan sekolah atau diluar sekolah
B. MENEGAKAN
KEDISIPLINAN
a.
Melaksanakan
razia mingguan atau bulanan dengan sasaran pelangaran dari tata tertib yang
berlaku
b.
Melakukan
Patroli sekolah di luar atau didalam lingkungan sekolah
c.
Mengadakan
pelatihan khusus tentang pendidikan karakter yang dilaksanakan diluar
pembelajaran dengan mengundang Unsur masyarakat dari TNI / POLRI
C. SOSIALISASi
DAN PENEGAKAN TATA TERTIB SEKOLAH
a.
Merencanakan
dan menyusun buku catatan pelangagaran (Kasus)
b.
Mereencanakan
dan membentuk gerakan disiplin sekolah
D. KEGIATAN
EMBUN PAGI (PENYAMBUTAN SISWA)
a.
Memeriksa
dengan cermat siswa kerapiahn siswa meliputi penampilan, pakain dan ketepatan
datang kesekolah
b.
Mendisiplinkan
siswa agar datang tepat waktu sesuai dengan Tata Tertib yang berlaku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar