Kamis, 30 April 2020

PEMBINAAN KARAKTER


Pendidikan  Bidang Karakter SMP Negeri 6 Garut


Pendidikan karakter tidak saja merupakan tuntutan undang-undang dan peraturan pemerintah, tetapi menjadi tuntutan setiap agama. Setiap  agama mengajarkan karakter atau ahklak pada pemeluknya. Dalam Islam, ahlak merupakan salah satu tiga kerangka dasar ajarannya yang memiliki kedudukan yang sangat penting.
Nabi Muhamammd Saw dalam salah satu sabdanya mengisyratkan bahwa kehadirannya dimuka bumi ini membawa misi pokok untuk menyempurnakan ahlak manusia yang mulia. Ahlak Karramah merupakan sistem prilaku yang diwajibkan dalam agama islam melalui nash Al-Qur’an dan Hadis. Adapun beberapa sifat khusus (Ahklak) yang dimiliki oleh Nabi Muhammad Saw adalah (Shidiq  berarti jujur), (Amanah berate dapat dipercaya), (Tabligh berati menyampaikan), (Fathanah berarti cerdas dan pandai) demikian sifat atau Tahuladan Nabi Muahammad Saw yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter pada sekolah mulai dari tingkat Dasar,Menengah dan Tingkat Atas.
 Tujuan pendidikan di  karakter di SMP, termasuk pengembangan dan pembianan karakter, dapat dicapai melalui pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013 yang mengacu pada Standar Pendidikan Nasional (SNP). Didalam SNP telah dijabarkan seacara jelas Standar Kompetensi Lulusan pada materi yang disampaikan kepada peserta didik dengan menerapkan beberapa karakter, Grand desaign yang menjadi rujukan koseptual dan operasional pengembangan, pelaksanaan dari penilaian pada setiap jalur dan jenjang pendidikan adalah konfigurasi karakter dalam konteks psikologis dan social-kultur dikelompokan dalam : Olah Hati (spiritual emotional, development), Olah Pikir (Intelectual diveloment), olah raga dan kinestestik (Physical and kinestestic development), olah Rasa dan karsa (affective and Creativity development).
Pendidikan karakter di SMP Negeri 6 Garut bertujuan
1.      Untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidkan disekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter atau ahklak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai Standar Kompetensi Lulusan.
2.      Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik di SMP N 6 Garut mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan penegtahuannya, mengkaji dan menginternalisasikan serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam prilaku sehari-hari.
3.      Berorientasi pada tingkatan intitusi dengan mengarah pada pembentukan budaya sekolah yaitu nilai – nilai yang melandasi prilaku, kebiasaan keseharian,sehingga bisa  dipraktikan oleh semua warga sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.
4.      Menjadi “ Budaya sekolah”  atau  ciri khas dari karakter atau watak seluruh civitas akademik terutama peserta didik yang dikenal oleh masyarakat luas
Sasaran Pendidikan Karakter SMP Negeri 6 Garut
Sasaran pendidkan karakter adalah seluruh warga sekolah meliputi :
1.      Peserta didik (siswa)
2.      Civitas Akademika (Pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 6 Garut
PELAKSANAAN PROGRAM
Program Pembinaan Karakter di SMP Negeri 6 garut adalah sebagai berikut ;
A.     Melaksanakan kegiatan Upacara Bendera
a)   Melaksanakan Kegiatan Upacara Bendera setiap hari senin
b)   Melaksanakan kegiatan upacara hari besar kenegaraan baik di lingkungan sekolah atau diluar sekolah
B.     MENEGAKAN KEDISIPLINAN
a.       Melaksanakan razia mingguan atau bulanan dengan sasaran pelangaran dari tata tertib yang berlaku
b.      Melakukan Patroli sekolah di luar atau didalam lingkungan sekolah
c.       Mengadakan pelatihan khusus tentang pendidikan karakter yang dilaksanakan diluar pembelajaran dengan mengundang Unsur masyarakat dari TNI / POLRI
C.     SOSIALISASi DAN PENEGAKAN TATA TERTIB SEKOLAH
a.       Merencanakan dan menyusun buku catatan pelangagaran (Kasus)
b.      Mereencanakan dan membentuk gerakan disiplin sekolah
D.     KEGIATAN EMBUN PAGI (PENYAMBUTAN SISWA)
a.       Memeriksa dengan cermat siswa kerapiahn siswa meliputi penampilan, pakain dan ketepatan datang kesekolah
b.      Mendisiplinkan siswa agar datang tepat waktu sesuai dengan Tata Tertib yang berlaku





Tidak ada komentar:

Posting Komentar